Festival Jajanan Khas Maharashta di Pusat Kebudayaan India

Jakarta – Festival kuliner Maharashtra yang diadakanoleh Jawaharlal Nehru Indian Cultural Center kembali diadakan pada tanggal 28 April 2018. Festival ini diadakan di kantor JNICC yang bertempat di Kuningan, Jakarta. Acara ini diisi dengan pelbagai stan yang menghidangkan jajanan tradisional khas Maharashtra. Festival ini terbuka untuk umum, sehingga kita tidak perlu melakukan reservasi. Cukup dengan membeli tiket masuk seharga Rp. 10.000 pengunjung sudah dapat menikmati kuliner khas Maharsthra dengan harga yang beragam mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000.
Festival ini menarik banyak perhatian dan minat pengunjung baik dari dalam maupun manca negara. Terlihat para pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari kalangan India saja, tetapi banyak orang Indonesia dan warga negara asing lainnya juga turut serta meramaikan festival tersebut.
Para pengunjung yang datang sudah langsung memenuhi halaman kantor JNICC saat acara dibuka pada pukul 16.00 WIB. Meskipun sore itu Jakarta diguyur hujan lebat, tapi tidak menyurutkan antusias pengunjung. Tua Muda, Pria Wanita hadir meramaikan dan menjelajahi setiap stan yang tersedia. Mengusung tema street food festival, makanan yang dijajakan pun sangat beragam mulai dari jajan pasar hingga jajanan kaki lima yang umumnya tersedia di daerah Maharashtra. Aroma chutney yang menggugah selera sore itu membuat suasana semakin terasa seperti menikmati jajanan kaki lima yang dihidangkan langsung oleh penjual dipinggir jalan kota Mumbai. Penjual stand jajanan Maharshtra tersebut nota bene adalah warga negara India ataupun warganegara Indonesia yang memiliki darah campuran India.
Teriakan-teriakan para pedagang menjajakan dagangannya seperti “Vadapav, Vadapav” “Garam, Garam” seolah membawa pengunjung berada di jalanan Maharshtra secara langsung. Vadavav sendiri merupakan jajanan khas Maharshtra dan beberapa bagian Gujarat, berupa Roti bulat dengan baluran selai khas ditengahnya. Sedangkan “garam” (Hindi: Panas) seringkali diteriakkan para penjaja makanan keliling di India untuk menginfokan bahwa dagangan mereka masih fresh dan panas.
Selaian dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi bagi warga negara India yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya, festival ini juga bertujuan untuk mengenalkan makanan dari Maharashtra, India kepada masyarakat di Jakarta.

Oleh : Nur Alva Amadea
Global Volunteer AIESEC – Chennai

Editor : Endang Sartika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *