Profil IAI

Namaste!!!  

India sejatinya sudah menjadi negara yang begitu populer di kalangan masyarakat kita, sebut saja beberapa alasannya: film dan drama Bollywood yang fenomenal; makanan khas yang berbumbu seperti karee; wisata budaya dan sejarah kuno serta landmark “Taj Mahal” yang mendunia. Namun lebih dari itu, India sudah menjadi destinasi lain bagi sebagian besar masyarakat kita: studi, training atau pelatihan. Ternyata sudah lebih dari 3 dekade terakhir hingga sekarang. Mereka yang memilih India sebagai destinasi tersebut berasal dari berbagai skema: ICCR, ITEC, Colombo Plan, dan self-financing. Sejauh ini alumni India sudah berkiprah di bidang masing-masing: mulai dari akademisi, politisi, praktisi hukum, pengusaha, hingga motivator; mulai dari instansi pemerintah, swasta, hingga perusahaan pribadi. Praktis alumni India sudah melebarkan sayap masing-masing, hingga tidak cukup mudah mencari waktu yang tepat untuk sekedar silaturahmi dan kopi darat sesama mantan pejuang ilmu di negeri Hindustan ini.

Adalah hal yang patut disyukuri bahwa pada tanggal 18 Maret 2017, beberapa alumni India telah berhasil menginisiasi acara reuni alumni yang bertajuk Indian Alumni Gathering bertempat di Widya Graha LIPI Jakarta. Tersimpan sebuah harapan sederhana: alumni India bisa bersatu, mempunyai wadah (dalam suatu ikatan alumni) untuk silaturahmi dan berbagi informasi. Sehingga semakin bermanfaat kedepannya dan mampu menunjukkan eksistensinya.

Acara Indian Alumni Gathering ini menjadi momentum bagi para alumni India untuk bersinergi dan membangun soliditas sesama alumni India. Keinginan tersebut terejahwantahkan dalam bentuk suatu perkumpulan. Hingga pada akhirnya, seluruh alumni yang hadir sepakat untuk membentuk Ikatan Alumni India, dan langsung dibentuk pulalah Kepengurusan Ikatan Alumni India untuk masa transisi, paling tidak sampai waktu yang tepat untuk pemilihan Kepengurusan Ikatan Alumni India definitif.

Ikatan Alumni India sejatinya bisa lebih menancapkan eksistensi dan fokus kegiatannya di bidang edukasi. Banyak institusi pendidikan yang bisa digaet sebagai mitra. Promosi pendidikan India di sekolah-sekolah bisa menjadi alternatif yang strategis, selain promosi wisata dan seni tentunya. Bahkan kegiatan edukatif pun bisa bernilai sosial. Tak sedikit anak-anak lulusan SMU dari kalangan menengah kebawah tidak mampu meneruskan jenjang pendidikan lebih tinggi. Promosi pendidikan di India, termasuk jalur beasiswa, bisa menjadi alternatif. Kita semua tahu bahwa kualitas pendidikan di India sangat baik dan biaya hidup pun tidak terlampau besar.

Kembali mengulang harapan besar para alumni India: bisa bersatu dalam wadah Ikatan Alumni India, menjaga silaturahmi dan semangat berbagi informasi. Ke depan, alumni India yang menyebar hampir di seluruh wilayah Nusantara mampu menunjukkan eksistensinya. Pada akhirnya, tidak mustahil segala target, keinginan, dan cita-cita para alumni yang sempat mengemuka di saat rembuk bersama, benar-benar menjadi kenyataan.

Tentunya kita bersama-sama mendukung dan mengapresiasi segala hal positif yang diusung alumni dalam wadah ikatan alumni ini. Semoga Ikatan Alumni India mampu mengakomodir aspirasi bersama alumni dan tetap berkontribusi, tetap solid, dan satu hal penting: down to earth. Sudah sepatutnya kita tetap mengamalkan falsafah ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Jadi tetaplah berbagi manfaat, dan jangan pernah berhenti untuk belajar.

Salam Ikatan Alumni India (Indian Alumni Association)!

Salam IAA!
Syukriya!!!